Arsene Wenger Usulkan Perubahan Aturan Off-Side

By ommed


nusakini.com - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, mengusulkan kepada FIFA untuk mengubah aturan off-side demi mengakhiri kontroversi VAR selama ini.

Wenger ingin seorang pemain berada dalam posisi on-side jika ada bagian tubuhnya yang bisa mencetak gol, di belakang atau sejajar dengan bek yang terakhir.

Usulan itu disampaikan Wenger menyusul serangkaian keputusan VAR yang menyebabkan gol dianulir karena pemain telah sedikit off-side.

Yang terbaru adalah ketika gol sundulan Olivier Giroud lawan Manchester United, Selasa (18/2) dini hari WIB, dianulir karena bagian dari sepatu kanannya sudah off-side. Sebelumnya, gol pemain Liverpool, Roberto Firmino, juga dianulir karena bagian tangan bawahnya yang off-side lawan Aston Villa.

Aturan saat ini menyatakan, pemain dalam posisi off-side jika: "Setiap bagian dari kepala, badan, atau kaki berada di pertahanan lawan (tidak termasuk garis tengah) dan ada bagian dari kepala, tubuh, atau kaki yang lebih dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan dua pemain lawan terakhir."

Wenger, yang mengisi jabatan sebagai kepala pengembangan global FIFA, berharap perubahan itu bisa diterapkan untuk putaran final Euro 2020.

Salah satu tugas Wenger adalah memantau International Football Association Board (IFAB), panel yang membuat aturan sepakbola. Rencananya, usulan sang legenda asal Prancis itu akan dibahas pada 29 Februari mendatang.

"Anda tidak akan off-side jika ada bagian tubuh yang bisa mencetak gol segaris dengan bek terakhir, bahkan jika bagian lain dari tubuh penyerang ada di depan," ujar Wenger kepada The Sun.

"Itu akan menyelesaikan persoalan dan Anda tidak akan lagi memiliki keputusan-keputusan tentang milimeter dan selisih tipi penyerang berada di depan garis pertahanan." (gi/om)